Sabtu, 29 September 2012

Perkembangan Alam Pikiran Manusia

PERKEMBANGAN ALAM PIKIRAN MANUSIA

Manusia sebagai makhluk hidup mempunyai ciri-ciri khas yaitu :
1.     Memiliki organ tubuh yang sangat kompleks dan khusus
2.     Mengadakan pertukaran zat yakni zat yang masuk dan yang keluar
3.     Memberikan tanggapan terhadap rangsangan
4.     Memiliki potensi berkembang biak
5.     Tumbuh dan berkembang
6.     Berinteraksi dengan lingkungan
7.     Mati
Dari ketujuh ciri- ciri tersebut dapat dikatakan bahwa manusia merupakan makhluk  yang paling sempurna dibandingkan makhluk hidup yang lainnya.Serta manusia memiliki kelebihan yaitu akal budi dan pikiran,sehingga dapat mengendalikan tubuh jasmaninya. Pengetahuan yang terkumpul dan semakin maju menyebabkan rasa ingin tahu manusia semakin berkembang . Rasa ingin tahu pada manusia ini menyebabkan pengetahuan mereka dapat berkembang setiap hari mereka mengamati benda-benda dan peristiwa yang terjadi dialam sekitarnya .Manusia tidak akan pernah merasa puas jika belum memperoleh jawaban mengenai apa yang diamatinya , rasa ingin tahu semacam itu yang tidak dimiliki oleh hewan . Manusia merupakan makhluk hidup yang berakal serta mempunyai derajat yang tertinggi bila dibandingkan dengan hewan atau makhluk selainnya .

KELEBIHAN MANUSIA DARI PENGHUNI BUMI LAINNYA
Kelebihan manusia dari penghuni bumi lainnya dikenal dengan :
1 . Manusia sebagai HOMO SAPIENS
Homo sapiens adalah makhluk yang berpikir sehingga merupakan makhluk yang cerdas dan bijaksana .
2 . Manusia sebagai HOMO FABER
          Homo faber adalah manusia dapat membuat alat-alat dan mempergunakannya atau disebut sebagai manusia kerja dengan salah satu tindakan dan ataua wujud budayanya berupa barang buatan manusia (artifact).
3 . Manusia sebagai HOMO LANGUENS
          Homo languens adalah manusia dapat berbicara sehingga apa yang menjadi pemikiran dalam otaknya dapat disampaikan melalui bahasa kepada manusia lain .
4 . Manusia sebagai HOMO SOCIUS
Homo socius adalah manusia dapat hidup bermasyarakat , bukan bergerombol sebagai hewan yang hanya mengenal hukum rimba , yaitu yang kuat yang berkuasa .
5 .Manusia sebagai HOMO ECONOMICUS
Homo economicus adalah mengadakan usaha atas dasar perhitungan ekonomi . Salah satu prinsip dalam hukum ekonomi adalah , bahwa semua kegiatan harus atas dasar untung rugi , untung apabila input lebih besar daripada output , rugi sebaliknya .
6 . Manusia sebagai HOMO RELIGIUS
          Homo religius adalah manusia menyadari adanya kekuatan gaib yang memiliki kemampuan lebih hebat daripada kemampuan manusia , sehingga menjadikan manusia berkepercayaan atau beragama .
7 . Manusia sebagai HOMO HUMANUS DAN HOMO AESTETICUS
          Homo humanus adalah manusia berbudaya , homo aesteticus adalah manusia yang tahu akan keindahan.


SEJARAH PERKEMBANGAN IPA
           Pengamatan yang sistematis, kritis dan makin bertambahnya pengalaman yang diperoleh, lambat laun manusia berusaha mencari jawaban secara rasional. Dalam menyusun pengetahuan, kaum rasionalis menggunakan penalaran deduktif dan penalaran induktif.
          Penalaran deduktif ialah cara berpikir yang bertolak belakang dari pernyataan yang bersifat umum untuk menarik simpulan yang bersifat khusus. Sedangkan penalarn induktif(empiris) ialah cara berpikir dengan menarik simpulan umum dari pengamatan atas gejala – gejala yanng bersifat khusus.

0 komentar:

Posting Komentar